Kamis, September 12, 2013
2

Program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) yang sejak lama dinanti-nanti akhirnya benar-benar terealisasi. Hanya dalam hitung hari, tiga pabrikan mobil yang ada di Indonesia meluncurkan jagoannya masing-masing. Kehadiran mobil-mobil tersebut seolah membawa angin segar bagi masyarakat yang mendambakan kendaraan nyaman dengan harga yang relatif terjangkau. Ketiganya adalah Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya dan Honda Brio Satya.

Masing-masing produsen tentu saja menjanjikan beragam keunggulan pada mobil-mobil jagoannya tersebut. Dan bagi Anda yang berminat untuk memiliki salah satu dari ketiganya, berikut sedikit referensi yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Astra Daihatsu Ayla
Sejak diperkenalkan pada tahun 2012 yang lalu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Daihatsu Ayla memang sudah mampu menyita perhatian masyarakat. Mobil yang berdimensi panjang 3600 mm, lebar 1600 mm dan tinggi 1520 mm ini hadir dalam 4 tipe, yaitu tipe D, D+, M dan X. Keseluruhan tipe dibekali dengan mesin 1KR-DE, DOHC tiga silinder berkapasitas 998cc yang mampu mengahasilkan tenaga sebesar 65PS/6000Rpm dengan torsi 86Nm/3.600Rpm. Pilihan transmisi manual tersedia untuk seluruh tipe sedangkan transmisi otomatis hanya untuk tipe M dan X. 

Pada fitur keamanan, seluruh tipe Ayla hanya dibekali dengan seat belt 3P ELR (untuk tipe D hanya dibaris depan) dan belum bekali dengan airbag. Adapun untuk system kemudi, kecuali tipe D, telah menggunakan power steering.

Daihatsu Ayla dijual pada rentang harga Rp.76 juta hingga Rp.107 juta. (klik: Daftar Harga Daihatsu Ayla)

Astra Toyota Agya
Toyota Agya merupakan “kembaran” dari Daihatsu ayla yang diperkenalkan pada waktu dan ajang yang sama, sehingga daya tariknya pun tak kalah dengan Ayla bahkan lebih. Hadir dalam tiga tipe (E, G dan TRD) Agya dibekali dengan mesin yang sama seperti Ayla yaitu mesin 1KR-DE, DOHC tiga silinder berkapasitas 998cc, sehingga kemampuannya pun tak berbeda.

Perbedaannya, seluruh tipe Toyota Agya telah dilengkapi dengan airbag dan power steering serta pilihan transmisi manual dan otomatis. Dari desain eksterior, Agya pun hadir lebih sporty, khususnya untuk tipe TRD-S yang telah dilengkapi dengan tambahan spoiler, aerokit depan, belakang, samping, emblem dan sticker TRD-S.

Toyota Agya dijual pada rentang harga yang lebih tinggi dari saudara kembarnya yaitu diangka Rp.99 juta hingga Rp.127 juta juta. (klik: Daftar Harga Toyota Agya)

Honda Brio Satya
Brio Satya merupakan mobil murah LCGC ketiga yang hadir menyusul Agya-Ayla. Berbeda dengan duo Astra yang hadir lebih dulu, mobil murah jagoan Honda ini dibekali dengan mesin yang lebih besar yaitu mesin i-VTEC 1.2 liter 4 silinder dengan tenaga sebesar 88PS/4.55Rpm. Selain itu, Honda juga mengklaim bahwa Brio memiliki beragam keunggulan lain dibanding dengan para kompetitornya.   

Beberapa keunggulan yang diklaim oleh Honda tersebut antara lain, dimensi Satya yang lebih besar yaitu panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.486 mm sehingga kabin menjadi lebih lapang.  

Dari segi keselamatan dan keamanan, Satya dibekali dengan rangka G-CON yang mampu memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi tubrukan, Dual Airbags, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter serta Immobilizer.

Fitur hiburan yang tersemat pun cukup lengkap, diantaranya Audio System Double DIN AM/FM, Single Disc, MP3/WMA dan lainnya.

Adapun rentang harga yang ditawarkan oleh Honda untuk mendapatkan keseluruhan paket mobil murahnya tersebut berada dikisaran angka yang tidak jauh dari harga para pesaingnya, yaitu diantara Rp.106 juta hingga Rp.173 juta. (klik: Daftar Harga Honda Brio Satya)

So, Anda pilih yang mana? Selamat memilih.


2 komentar:

  1. q pilih brio satya alasannya q sering keluar kota dan ku temui banyak tanjakan2,sy kira dengan mesin 1200 cc, dg tenaga 88 ps 4 selinder 16 katup sangat kuat dan pas buat tanjakan

    BalasHapus

Loading...